Begini Cara Mengelola Keuangan Untuk Gaji di Bawah 10 Juta

Mengatur keuangan sangat penting untuk dilakukan, dengan begitu finansial kamu bisa terjaga dengan baik bahkan bisa di tabungkan atau di investasikan untuk masa depan. Namun sering kali banyak orang yang kesulitan untuk mengatur finansial, yang mengakibatkan gaji bisa habis bahkan hanya cukup hingga di pertengahan bulan saja. Jika kamu memiliki gaji 10 juta rupiah per bulannya, namun masih sering mengalami kesulitan mengaturnya mungkin tips cara mengelola keuangan di bawah ini bisa cukup membantu.

Sisihkan 30% Untuk Tabungan Di Awal

Mungkin ini jadi kesalahan yang sering dilakukan banyak orang. Kebanyakan orang memiliki kebiasaan menabung di akhir. Jadi sisa pendapatan di akhir bulan lah yang kemudian masuk sebagai tabungan. Akan lebih baik untuk langsung menabung saat kamu menerima gaji.

Untuk nominalnya, sangat disarankan 10-20% dari pendapatan per bulan. Akan tetapi karena gaji yang kamu terima sudah mencapai 10 juta rupiah per bulannya. Maka akan lebih baik lagi jika kamu bisa menyisihkan hingga minimal 30% dari pendapatan per bulan. Dengan begitu kamu nantinya bisa memiliki tabungan dana darurat yang dapat digunakan untuk kebutuhan masa datang.

Miliki 2 Rekening Atau Lebih

Jika kamu kesulitan saat akan mengelola keuangan yang kamu miliki. Mungkin solusi ini bisa sangat membantu. Cobalah untuk membuka 2 rekening bank yang berbeda, dimana satu rekening bisa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, seperti belanja bulanan, pembayaran tagihan, dan lainnya. Sedangkan rekening lainnya bisa digunakan untuk khusus menabung.

Dengan begitu kamu tidak akan kesulitan saat mengatur finansial karena sudah menempatkan uang yang dimiliki sesuai dengan tempatnya. Jadi kamu bisa tetap memenuhi kewajiban yang memang harus dikeluarkan setiap bulannya dan juga menabung untuk dana darurat.

Wajib Untuk Berinvestasi

Rasanya investasi menjadi hal yang tidak bisa ditinggalkan. Banyak manfaat yang bisa kamu raih dengan berinvestasi, karena itulah sangat direkomendasikan untuk berinvestasi sedini mungkin untuk meraih kebebasan finansial di masa depan. Bahkan investasi ini yang juga bisa jadi tabungan untuk masa pensiunmu.

Ada baiknya untuk menempatkan sebagian dari pendapatan untuk berinvestasi, bisa dengan membeli emas, reksadana, saham, maupun jenis investasi lainnya yang bernilai tinggi. Tentunya ini berbeda dari menabung, dimana saat berinvestasi maka kamu tidak dapat mengambil dana yang ditanamkan kapanpun. Meskipun begitu, nantinya kamu akan merasa diuntungkan di masa depan karena investasi tersebut yang akan menjadi penyelamat finansialmu.

Selain ketiga cara mengatur keuangan di atas, jangan lupa untuk mencatat arus pengeluaran dan pemasukan setiap bulannya. Apalagi kini semakin canggihnya teknologi ada banyak aplikasi yang memudahkan kamu untuk mencatat arus keuangan setiap bulannya. Sehingga kamu nantinya bisa melihat saat pengeluaran lebih besar dari pendapatan dan kemudian dapat memperbaikinya. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat untukmu.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*