March 6, 2021

Bisnis Lancar

Menyajikan Info tentang Bisnis, Fasion, Tips trik, Otomotif, Politik, Kuliner yang Menarik dan bermanfaat

5 Tips Agar Anak Tidak Sulit Disuruh Tidur

2 min read

Tidur bisa jadi kegiatan yang bagi anak menyebalkan, apalagi bila dia sedang senang-senangnya bermain. Banyak anak yang malah cemberut saat disuruh untuk beristirahat tidur. Nah, Anda bisa mengajarkan dia untuk rutin tidur di jam istirahatnya sejak dini. Caranya dengan beli baju tidur yang dia sukai dan membangun ruang tidur yang membuatnya merasa nyaman. Banyak sekali tahapan untuk mengajarkan dia untuk menyukai rutinitas tidur, meski dia sedang aktif bermain.

Mengajarkan Rutinitas Tidur

Tahapan mengajarkan tidur secara rutin bisa dicoba dengan cara-cara berikut.

1.     Kenali Perlengkapan untuk Tidur

Pertama, coba kenalkan beragam perlengkapan yang dibutuhkan saat tidur. Mulai dari kasur, perlengkapan lainnya, sampai ruangan yang dibutuhkan. Anda bisa ikut ajarkan dia seberapa penting tidur di kamar sendiri, sehingga mengajarkan dia lebih mandiri untuk berani tidur di kamarnya. Biasanya si kecil bisa menentukan sendiri perlengkapan seperti apa yang baginya nyaman untuk digunakan saat tidur.

2.     Biarkan Dia Memilih Sendiri Baju dan Mainan Favoritnya

Berikutnya, biarkan dia memilih perlengkapan tidur sendiri. Seperti yang sudah disebutkan, biasanya anak-anak memiliki selera dan tahu mana barang yang bisa membuat dia merasa lebih senang dan tenang. Termasuk barang-barang keperluan untuk tidur yang umum menjadi perlengkapan bayi dan anak, seperti pakaian tidur, bantal, selimut, boneka, dan banyak lagi.

3.     Beri Dia Pemahaman Bahwa Istirahat Itu Penting

Terpenting ialah membuat dia memahami bahwa tidur adalah rutinitas penting yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh, sekaligus membantu dalam proses tumbuh kembangnya. Anda bisa memberi penjelasan singkat yang membuat dia mengerti bahwa tidur merupakan kegiatan wajib agar dia memiliki tenaga untuk melakukan kegiatan-kegiatan favoritnya. Seperti kegiatan bermain.

4.     Buat Jadwal Rutin dan Ajarkan Kedisiplinan

Anda bisa pula membuatkan jadwal rutin tidur dan memberi tahunya jika jadwal tersebut harus dilakukan. Misalnya membuat jadwal di jam 1 siang, dia harus tidur siang walau belum merasa ngantuk. Kemudian tidur di jam 9 malam dan menghindari dia melakukan kegiatan malam yang bisa memicu si kecil malah tidur lebih larut.

5.     Hindari Mengajaknya Main di Jam Tidur

Salah satu bentuk kegiatan yang sering membuat anak terbiasa tidur larut dan tidak terjadwal baik ialah kebiasaan orangtua mengajaknya bermain dan memberikan mainan di jam tidur.

Contohnya, memberikan dia gadget untuk menonton video atau bermain game. Kebiasaan seperti ini malah akan membuat dia ketagihan dan bisa bergantung pada kegiatan tersebut.

Anda bisa temukan beragam perlengkapan bayi dan anak, termasuk untuk beli baju tidur disertai kebutuhan lainnya yang bisa membuat si kecil memahami rutinitasnya sehari-hari. Anda bisa andalkan Orami sebagai platform ibu dan anak yang lengkap menyediakan berbagai informasi dan mampu memenuhi kebutuhan Anda.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.